Senin, 02 April 2012

Perbedaan Clud Computing dengan Komputer Terdahulu

Cloud computing atau komputasi awan merupakan definisi untuk teknologi komputasi grid (grid computing) yang digunakan pada pertengahan hingga akhir 1990-an. Jargon komputasi awan mulai muncul pada akhir tahun 2007, digunakan untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari-hari ke Internet, bukan disimpan di komputer lokal lagi.
Ada beberapa perbedaan yang membedakan antara komputer terdahulu(komputer konvensional) dengan cloud computing(komputasi awan)
 
Pada sistem komputer konvensional, terdapat tiga buah lapisan dengan fungsionalitas masing – masing, yaitu:
Lapisan 1, yaitu lapisan infrastruktur (lapisan fisik). Berupa perangkat keras (hardware) dari suatu  komputer. meliputi motherboard, VGA, memory, processor, dan sebagainya.
Lapisan 2, yaitu lapisan sistem operasi (disebut juga platform). Berupa sistem operasi yang digunakan oleh komputer bersangkutan sehingga bisa menjalankan fungsionalitas hardware maupun untuk menginstalasi dan menjalankan perangkat lunak lainnya. Meliputi berbagai perangkat lunak di komputer maupun mobile : MS Windows, GNU/Linux, BSD, Solaris, Android, Windows Mobile, Symbian, dan sebagainya.
Lapisan 3, yaitu lapisan software (perangkat lunak). Berupa perangkat lunak yang terinstall maupun dijalankan langsung oleh komputer melalui sistem operasi.
Ketiga lapisan ini sama penting dan saling terkait. Lapisan 1 merupakan komponen dasar. tanpa adanya hardware, suatu mesin (komputer) tidak akan bisa digunakan meski telah tersedia perangkat lunak (dan sistem operasi). Demikian juga, tanpa adanya sistem operasi dan perangkat lunak berupa aplikasi – aplikasi lainnya, komputer yang hanya terdiri dari hardware saja tidak akan dapat berfungsi. lapisan 2 menjadi jembatan yang menghubungkan antara lapisan 1 dan lapisan 3. Sistem operasi menyediakan cara/metode agar aplikasi dan perangkat keras dapat berkomunikasi dengan baik, termasuk juga dengan adanya perangkat lunak tambahan berupa driver.


Di cloud computing juga terdapat 3 lapisan seperti di sistem komputer konvensional di atas :
Lapisan 1, yaitu lapisan infrastruktur (fisik). Meliputi komponen hardware sebagaimana di sistem komputer konvensional (motherboard, VGA, memory, dan sebagainya). Ini disediakan oleh pihak ketiga. Terkadang sistem operasi pun dimasukkan pada kategori lapisan 1 ini.
Lapisan 2, yaitu lapisan platform (sistem operasi). Berupa lingkungan yang disediakan untuk user agar dapat membuat dan mendeploy perangkat lunak dengan mudah, cepat, dan dengan sedikit programming. User cukup mengakses menggunakan browser dan menggunakan fitur – fitur yang telah disediakan.
Lapisan 3, yaitu lapisan software/aplikasi. Berisi seperangkat aplikasi web based siap pakai (diakses dan digunakan via browser).
Ketiga lapisan inilah yang menjadi dasar disediakannya tiga buah jenis layanan (as as service) pada cloud computing. Meliputi IAAS, PAAS, dan SAAS.

0 komentar:

Posting Komentar

CopyRyght@2012 | Facebook | Twitte | Bloger | Google